Skip to main content

Tips Mengecek Altenator Mobil atau Dinamo ampere

Altenator atau dinamo ampere memiliki fungsi tersendiri di mobil yaitu untuk mengisi ulang arus listrik pada aki mobil biasanya memiliki sumber energi sebesar 12 volt yang berfungsi untuk mensuplai kebutuhan tegangan listrik pada mobil di kala kedaraan itu hidup maupun di saat mesin nyala.
Altenator atau dinamo ampere mobil merupakan sebuah alat elektronik yang kinerjanya mengubah energi mekanik atau yang kita kenal dengan energi gerak menjadi energy listrik yang sifat arusnya bolak-balik atau ac.
Pada umumnya kendaraan atau mobil di jaman sekarang ini di lengkapi dengan sebuah IC regulator atau voltage regulator yang memiliki fungsi membatasi arus listrik yang mengalir ke gulungan rotor dan juga di dalam IC regulator yang ada sirkuit pengontrol lampu CHG di dashboard mobil itu.
Terdapat juga diode yang fungsinya sebagai penyearah arus sehingga merubah tegangan bolak-balik arus AC menjadi arus DC karena telah melewati dioda pada alternator tersebut dioda itu merupakan dioda rectifier.
Dinamo ampere atau yang kita kenal dengan nama alternator merupakan generator listrik yang terdapat pada sebuah mesin mobil yang fungsi umumnya untuk meberikan tenaga berupa arus listrik yang dibutuhkan mobil tersebut.
Kita pun dapat mengecek kondisi altenator atau dinamo ampere mobil itu dengan mudah adapun caranya sebagai berikut.
•             Agar mendapatkan hasil yang akurat kita bisa memakai alat berupa multimeter atau avometer atau tang ampere. Kemudian kita dapat mengetahui performa alternator dengan cara mengeceknya dan dapat kita ketahui. Diantaranya yaitu besar hambatan antara kabel dari alternator ke akinya, juga tegangan yang diperoleh dari altenator mobil itu.
•             Cara selanjutnya melihat indicator yang terdapat di dashboard yang lambannya berupa aki. Kalau indicator aki tersebut menyala dikala mesin kita hidupkan, berarti dapat kita ketahui bahwa keadaan altenator itu kurang baik untuk melakukan pengisian aki mobil. Akan tetapi ada hal lain juga sebab-sebabnya selain itu dikarenakan sirkuit rangkaian lampu aki dengan sirkut terminal F altenator terpisah.
•             Coba lakukan ini nyalakan mesin atau hidupkan kunci kontak di posisi ON lalu ambil besi yang panjang kemudian besi itu kita tempelkan ke altenatornya atau dinamo ampere jika ada tarikan magnet yang dikeluarkan dari altenator atau dinamo ampere dengan kekuatan yang bagus berarti altenatornya dalam kondisi baik sebaliknya jika lemah atau tidak ada berarti kondisinya rusak.
•             Catatan jika mengecek yang menggunakan besi diharap jangan dilakukan ketika altenator berputar karena itu berbahaya lalukan saja disaat ON kontak tanpa menghidupkan mesin atau menstarter mesin ya gaes…

Demikian tadi sedikit ulasan yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian jangan lupa ikuti artikel berikutnya 

Comments

Popular posts from this blog

Jok Sepeda Motor Sering Lepas Seperti Vario 125

Nich pengalaman ane dengan motor vario 125 yang sering joknya kebuka sendiri saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Disini saya akan memberi tips yang sangat mudah, tanpa mengganti bagian atau part tersebut. Banyak keluhan dari para pengguna motor matic ini yang katanya jok motornya sering kebuka kaya saya sendiri hehe.. Padahal sebelumnya juga sudah ke bengkel untuk diperbaiki akan tetapi masih saja sering kebuka dan ketutup sendiri yah capek dech. Baiklah kita lets go... Pertama – tama kita perlu siapkan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti obeng panjang, obeng plus juga obeng minus yang penting panjang ya hehe.. Atau kalau ada tungkai obengnya yang bentuknya segi 4 maupun 6 ya biar lebih mudah untuk mengerjakannya.. Akan tetapi kalau memang hanya ada yang bulat ya gak papa tenang saja... Mari kita mulai bro... Pertama kita buka joknya dulu lalu lihat kunci pengait joknya yang di motor itu, Lihat besi penahan kunci pengait lalu masu

Cara Merawat Aki ( Accu)

Aki motor merupakan bagian terpenting didalam kendaraan yang berfungsi menghidupkan mesin dengan tersedianya arus listrik yang terkandung didalamnya juga untuk menyalakan lampu penerangan, klakson, dan audio vidio. Selain itu aki berguna untuk menstabilkan tegangan kendaraan dan membantu altenator untuk memenuhi kebutuhan arus jika dalam keadaan tidak stabil. Aki terdiri dari beberapa jenis yaitu aki kering, aki basah, aki hybrid, aki mf.Langsung saja cara perawatannya adalah sebagai berikut. 1. Aki basah Mungkin sobat sudah tau dengan jenis aki ini karena memang didalamnya terdapat air sehingga dinamakan aki basah.Cek kondisi air didalam aki dan isi jiga berkurang sampai batas upper level dan lower level dengan air aki biasa H2O.Dan jika mengganti atau menguras air aki diganti dengan accu zuur H2SO4.Karena air aki berfungsi untuk mendinginkan dan juga melarutkan kerak didalamnya saat setelah pengisian. 2. Aki kering Aki ini tidak perlu perawatan karena penguapan air dan pen

Mobil mogok cara mengatasinya?

Mobil kita mogok gak mau distarter kenapa bisa dan bagaimana solusinya, banyak hal yang menyebabkan mobil kita mogok yang tidak bisa distarter yang tentunya menyusahkan kita apalagi jika terjadi dijalan yang jauh dari bengkel. Sebab mobil kita mogok yaitu sistem starter mobil tidak berfungsi sehingga tidak dapat menjalankan mesin mobil. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi kelistrikan mesin juga alat tambahan yang menjadi bagian pengamanan mobil tentu sangat menggangu dan berikut beberapa caranya semoga bermanfaat bagi anda. Mobil mogok cara mengatasinya? 1. Kemungkinan aki eror atau sitem charging pengisian aki tidak bekerja dengan baik sehingga setelah dipakai untuk jalan lalu parkir agak lama dan sewaktu mau distarte mobil tidak nyala.Perbaikannya untuk masalah ini adalah dengan cara menjumper aki dengan alat jumper atau menganti aki atau mendorong mobil tersebut. 2. Mobil mogok karena disebabkan starter yang rusak motor starter rusak bisa disebabkan karena karbon brush