Altenator atau dinamo ampere memiliki
fungsi tersendiri di mobil yaitu untuk mengisi ulang arus listrik pada aki
mobil biasanya memiliki sumber energi sebesar 12 volt yang berfungsi untuk
mensuplai kebutuhan tegangan listrik pada mobil di kala kedaraan itu hidup
maupun di saat mesin nyala.
Altenator atau dinamo ampere mobil
merupakan sebuah alat elektronik yang kinerjanya mengubah energi mekanik atau
yang kita kenal dengan energi gerak menjadi energy listrik yang sifat arusnya
bolak-balik atau ac.
Pada umumnya kendaraan atau mobil di jaman
sekarang ini di lengkapi dengan sebuah IC regulator atau voltage regulator yang
memiliki fungsi membatasi arus listrik yang mengalir ke gulungan rotor dan juga
di dalam IC regulator yang ada sirkuit pengontrol lampu CHG di dashboard mobil
itu.
Terdapat juga diode yang fungsinya sebagai
penyearah arus sehingga merubah tegangan bolak-balik arus AC menjadi arus DC
karena telah melewati dioda pada alternator tersebut dioda itu merupakan dioda
rectifier.
Dinamo ampere atau yang kita kenal dengan
nama alternator merupakan generator listrik yang terdapat pada sebuah mesin
mobil yang fungsi umumnya untuk meberikan tenaga berupa arus listrik yang
dibutuhkan mobil tersebut.
Kita pun dapat mengecek kondisi altenator
atau dinamo ampere mobil itu dengan mudah adapun caranya sebagai berikut.
• Agar
mendapatkan hasil yang akurat kita bisa memakai alat berupa multimeter atau
avometer atau tang ampere. Kemudian kita dapat mengetahui performa alternator
dengan cara mengeceknya dan dapat kita ketahui. Diantaranya yaitu besar
hambatan antara kabel dari alternator ke akinya, juga tegangan yang diperoleh
dari altenator mobil itu.
• Cara
selanjutnya melihat indicator yang terdapat di dashboard yang lambannya berupa
aki. Kalau indicator aki tersebut menyala dikala mesin kita hidupkan, berarti
dapat kita ketahui bahwa keadaan altenator itu kurang baik untuk melakukan
pengisian aki mobil. Akan tetapi ada hal lain juga sebab-sebabnya selain itu dikarenakan
sirkuit rangkaian lampu aki dengan sirkut terminal F altenator terpisah.
• Coba
lakukan ini nyalakan mesin atau hidupkan kunci kontak di posisi ON lalu ambil
besi yang panjang kemudian besi itu kita tempelkan ke altenatornya atau dinamo
ampere jika ada tarikan magnet yang dikeluarkan dari altenator atau dinamo
ampere dengan kekuatan yang bagus berarti altenatornya dalam kondisi baik
sebaliknya jika lemah atau tidak ada berarti kondisinya rusak.
• Catatan
jika mengecek yang menggunakan besi diharap jangan dilakukan ketika altenator
berputar karena itu berbahaya lalukan saja disaat ON kontak tanpa menghidupkan
mesin atau menstarter mesin ya gaes…
Demikian tadi sedikit ulasan yang saya
sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian jangan lupa ikuti artikel berikutnya
Comments
Post a Comment