CARA
MEMILIH BAN MOBIL YANG PAS
Ban kendaraan terutama ban mobil merupakan
alat vital didalam kendaraan, ban mesti senantiasa dicek dan diteliti apakah
dalam kondisi baik atau dalam kondisi tidak normal bahkan rusak.Ban menjadi hal
yang utama didalam keselamatan berkendara serta keamanan bagi pengendara disaat
mengendarai diberbagai jenis jalan dan untuk itu perlunya perawatan dan
pengecekan kondisi ban yang baik, agar ban menjadi awet.Ban merupakan komponen
yang menyongkong beban yang berat untuk menahan semua beban diatasnya termasuk
penumpang dan pengemudi.
Khusus ban pada mobil biasanya memiliki
ukuran dan struktur yang tidak sama dengan ban sepeda motor.Banyak aspek
sebagai pemicu semua jenis ban dan membuat ban tersebut mudah mengalami
rusak.Baik dari alam maupun dari kendaraan itu sendiri karena kesalahan dari
pemilik kendaraan itu sendiri.Kekeliruan
itu karena pengemudi atau pemilik kendaraan itu sendiri tidak mengerti dari
lambang yang terdapat pada ban.Biasanya pembuat atau pabrik telah membuat
lambang atau kode tersendiri yang ada pada ban juga spesifikasi untuk untuk
mengatur kecepatan yang dilakukan pengemudi.Misal lambang yang tertera lambang
M berarti kecepatan maksimal yang dianjurkan 130 km/ jam. Sedangkan lambang
yang paling tinggi yaitu Y dimana kecepatannya mampu mencapai 300 km/ jam,
biasanya ban jenis ini dipakai pada mobil balam yang membutuhkan kecepatan
tinggi dari biasanya.
Kesalahan lainnya yang dilakukan pada ban
yaitu perbutaran yang melebihi batas semisal sudah mencapai 10.000 km maka akan
tidak nyaman lagi digunakan atau dipakai, dan sudah berbeda dengan ban yang
masih baru. Terdapat banyak contoh didalam melakukan ban dengan baik, misalnya
untuk kendaraan bergerak roda belakang maupun seluruhnya roda melakukan
perpindahan dari roda ban kiri ke roda ban belakang kanan, sedang untuk roda
ban depan kanan dapat dipindah keban samping belakang kiri, dan khusus mobil
penggerak roda depan dapat memindahkan ban belakang kanan ke roda kiri depan.
Dan bukan ban saja shock beker pun dapat mengalami keausan. Yang terakhir
pemicu ban mengalami aus atau rusak adalah tidak memperhatikan kondisi angin
didalam ban, terkadang kondisi angin didalam ban sudah berkurang tetapi masih
saja digunakan mengemudi sehingga akan terasa berat bahkan berakibat merusak
komponen lainnya bisa saja velg jadi bengkok dan ban menjadi cepat tipis karena
gesekana antara jalanan beraspal dengan roda ban pada mobil lebih besar.Selain
itu cek kondisi ban jaga kebersihan ban apakah kotor akibat pijakan dari
berbagai jenis jalan juga apakah ada paku atau benda asing yang menempel pada
ban yang akan memicuterjadinya bocor, bahkan jika dibiarkan akan berakibat
vatal karena ban dapaat meletus untuk itu selalu cek ban dan cuci bersih
apalagi dikala musim hujan tiba.
Comments
Post a Comment