Skip to main content

CARA MEMILIH BAN MOBIL YANG PAS



CARA MEMILIH BAN MOBIL YANG PAS
Ban kendaraan terutama ban mobil merupakan alat vital didalam kendaraan, ban mesti senantiasa dicek dan diteliti apakah dalam kondisi baik atau dalam kondisi tidak normal bahkan rusak.Ban menjadi hal yang utama didalam keselamatan berkendara serta keamanan bagi pengendara disaat mengendarai diberbagai jenis jalan dan untuk itu perlunya perawatan dan pengecekan kondisi ban yang baik, agar ban menjadi awet.Ban merupakan komponen yang menyongkong beban yang berat untuk menahan semua beban diatasnya termasuk penumpang dan pengemudi.
Khusus ban pada mobil biasanya memiliki ukuran dan struktur yang tidak sama dengan ban sepeda motor.Banyak aspek sebagai pemicu semua jenis ban dan membuat ban tersebut mudah mengalami rusak.Baik dari alam maupun dari kendaraan itu sendiri karena kesalahan dari pemilik kendaraan itu  sendiri.Kekeliruan itu karena pengemudi atau pemilik kendaraan itu sendiri tidak mengerti dari lambang yang terdapat pada ban.Biasanya pembuat atau pabrik telah membuat lambang atau kode tersendiri yang ada pada ban juga spesifikasi untuk untuk mengatur kecepatan yang dilakukan pengemudi.Misal lambang yang tertera lambang M berarti kecepatan maksimal yang dianjurkan 130 km/ jam. Sedangkan lambang yang paling tinggi yaitu Y dimana kecepatannya mampu mencapai 300 km/ jam, biasanya ban jenis ini dipakai pada mobil balam yang membutuhkan kecepatan tinggi dari biasanya.
Kesalahan lainnya yang dilakukan pada ban yaitu perbutaran yang melebihi batas semisal sudah mencapai 10.000 km maka akan tidak nyaman lagi digunakan atau dipakai, dan sudah berbeda dengan ban yang masih baru. Terdapat banyak contoh didalam melakukan ban dengan baik, misalnya untuk kendaraan bergerak roda belakang maupun seluruhnya roda melakukan perpindahan dari roda ban kiri ke roda ban belakang kanan, sedang untuk roda ban depan kanan dapat dipindah keban samping belakang kiri, dan khusus mobil penggerak roda depan dapat memindahkan ban belakang kanan ke roda kiri depan. Dan bukan ban saja shock beker pun dapat mengalami keausan. Yang terakhir pemicu ban mengalami aus atau rusak adalah tidak memperhatikan kondisi angin didalam ban, terkadang kondisi angin didalam ban sudah berkurang tetapi masih saja digunakan mengemudi sehingga akan terasa berat bahkan berakibat merusak komponen lainnya bisa saja velg jadi bengkok dan ban menjadi cepat tipis karena gesekana antara jalanan beraspal dengan roda ban pada mobil lebih besar.Selain itu cek kondisi ban jaga kebersihan ban apakah kotor akibat pijakan dari berbagai jenis jalan juga apakah ada paku atau benda asing yang menempel pada ban yang akan memicuterjadinya bocor, bahkan jika dibiarkan akan berakibat vatal karena ban dapaat meletus untuk itu selalu cek ban dan cuci bersih apalagi dikala musim hujan tiba.

Comments

Popular posts from this blog

Jok Sepeda Motor Sering Lepas Seperti Vario 125

Nich pengalaman ane dengan motor vario 125 yang sering joknya kebuka sendiri saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Disini saya akan memberi tips yang sangat mudah, tanpa mengganti bagian atau part tersebut. Banyak keluhan dari para pengguna motor matic ini yang katanya jok motornya sering kebuka kaya saya sendiri hehe.. Padahal sebelumnya juga sudah ke bengkel untuk diperbaiki akan tetapi masih saja sering kebuka dan ketutup sendiri yah capek dech. Baiklah kita lets go... Pertama – tama kita perlu siapkan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti obeng panjang, obeng plus juga obeng minus yang penting panjang ya hehe.. Atau kalau ada tungkai obengnya yang bentuknya segi 4 maupun 6 ya biar lebih mudah untuk mengerjakannya.. Akan tetapi kalau memang hanya ada yang bulat ya gak papa tenang saja... Mari kita mulai bro... Pertama kita buka joknya dulu lalu lihat kunci pengait joknya yang di motor itu, Lihat besi penahan kunci pengait lalu masu

Cara Merawat Aki ( Accu)

Aki motor merupakan bagian terpenting didalam kendaraan yang berfungsi menghidupkan mesin dengan tersedianya arus listrik yang terkandung didalamnya juga untuk menyalakan lampu penerangan, klakson, dan audio vidio. Selain itu aki berguna untuk menstabilkan tegangan kendaraan dan membantu altenator untuk memenuhi kebutuhan arus jika dalam keadaan tidak stabil. Aki terdiri dari beberapa jenis yaitu aki kering, aki basah, aki hybrid, aki mf.Langsung saja cara perawatannya adalah sebagai berikut. 1. Aki basah Mungkin sobat sudah tau dengan jenis aki ini karena memang didalamnya terdapat air sehingga dinamakan aki basah.Cek kondisi air didalam aki dan isi jiga berkurang sampai batas upper level dan lower level dengan air aki biasa H2O.Dan jika mengganti atau menguras air aki diganti dengan accu zuur H2SO4.Karena air aki berfungsi untuk mendinginkan dan juga melarutkan kerak didalamnya saat setelah pengisian. 2. Aki kering Aki ini tidak perlu perawatan karena penguapan air dan pen

Mobil mogok cara mengatasinya?

Mobil kita mogok gak mau distarter kenapa bisa dan bagaimana solusinya, banyak hal yang menyebabkan mobil kita mogok yang tidak bisa distarter yang tentunya menyusahkan kita apalagi jika terjadi dijalan yang jauh dari bengkel. Sebab mobil kita mogok yaitu sistem starter mobil tidak berfungsi sehingga tidak dapat menjalankan mesin mobil. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi kelistrikan mesin juga alat tambahan yang menjadi bagian pengamanan mobil tentu sangat menggangu dan berikut beberapa caranya semoga bermanfaat bagi anda. Mobil mogok cara mengatasinya? 1. Kemungkinan aki eror atau sitem charging pengisian aki tidak bekerja dengan baik sehingga setelah dipakai untuk jalan lalu parkir agak lama dan sewaktu mau distarte mobil tidak nyala.Perbaikannya untuk masalah ini adalah dengan cara menjumper aki dengan alat jumper atau menganti aki atau mendorong mobil tersebut. 2. Mobil mogok karena disebabkan starter yang rusak motor starter rusak bisa disebabkan karena karbon brush