Skip to main content

Tekhnik Mengecat atau Mendempul Body Mobil

Pertama-tama kita perlu persiapkan alat dan juga bahannya yaitu:
Bahan:                      
·         Dempul yang kualitasnya bagus
·         Poxy
·         Cat duco / sesui warna yang dibutuhkan
·         Cat akhir / vernis atau clear
Alat:
·         Kompresor
·         Spray Gun atau penyemprot cat
·         Amplas kasar dan halus
·         Scrap maupu kape sebagai pengolesan dempul
Pertama kita cek mobil dan lihat bagian mana yang akan mau kita cat terlebih dahulu dan kalau sudah pastikan tidak ada lagi bagian yang tergores atau berlubang kecil dibagian yang mau dicat. Seandainya belum halus maka lakukan pengamplasan atau mendempul bagian itu. Adapun cara mudah mendempul yang sederhana dan cepat yaitu:
1.        Bersihkan lalu amplas bagian yang akan dicat dengan amplas kasar
2.        Oleskan dempul secara merata dan tipis saat mengolleskan dempul dilakukan dengan cara pelan dan konstan, jangan terburu-buru. Dan pastikan jangan ada lobang-lobang jika terdapat lobang ulangi secara halus dan rata. Kemudian diamkan dan tunggu beberapa menit sampai agak kering. Lalu dempul lagi sesui dengan kebutuhan.
3.        Biarkan demput tadi sampai kering agar bisa di amplas.
4.        Kemudian amplas dengan amplas kasar hingga sesui keinginan agar terlihat lurus atau rata gunakanlah alat berupa lempengan atau balok yang rata untuk penganjal yang ditempel pada amplas.
5.        Lanjutkan dengan menggunakan amplas halus baik juga dengan air untuk pengamplasan dan menghilangkan debu.
6.        Cek hasil tadi kalau masih ada lobang atau gelombang ulangi dari pendempulan ulang.
7.        Jika dirasa sudah sempurna tunggu saja sampai benar-benar kering.
Jika dirasa sudah kering kemudian kita lanjutkan dengan tahap pengecatan. Akan tetapi sebelum melakukan pengecatan alangkah baiknya kita semprot terlebih dahulu dengan menggunakan poxy dan selesai itu dan benar kering kita amplas ukurannya 2000 dengan ditambahkan air sampai terlihat halus dan rata.
Tahap pengecatan body mobil atau kendaraan
·         Bersihkan dahulu bagian yang mau di cat dengan kain halus
·         Tuangkan cat yang telah dicampur dengan pengencer ke spray gun atau penyemprot cat
·         Nyalakan kompresor dan sambungkan selang angin ke spray gun
·         Disaat mengecat usahakan gerakan stabil dan rata jangan terburu-buru dan jangan terlalu pelan juga. Jika kita terlalu cepat maka cat yang dihasilkan menjadi tidak rata sedangkan kalau terlalu pelan cat akan terlalu tebal dan meleleh dan tidak merata ataupun halus.
·         Saat mengecat sebaiknya lakukan dengan gerakan setabil ke kanan dan ke kiri ataupun ke atas dan ke bawah dan jangan sampai berhenti jika benar-benar belum selesai pengecatannya.
·         Tunggu sampai cat kering dan lakukan ulang pengecatan tadi.
·         Dan yang inti atau terakhir pakailah clear maupun vernis untuk menampilkan cat terlihat lebih mengkilap dan bercahaya.
·         Cat yang masih baru biasanya terlihat kasar maka kita bisa memakai compound untuk menghaluskannya.

Itu tadi cara mengecat mobil dan selanjutnya lakukan cara perawatan cat pada mobil anda agar awet dan bertahan lama.

Comments

Popular posts from this blog

Jok Sepeda Motor Sering Lepas Seperti Vario 125

Nich pengalaman ane dengan motor vario 125 yang sering joknya kebuka sendiri saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Disini saya akan memberi tips yang sangat mudah, tanpa mengganti bagian atau part tersebut. Banyak keluhan dari para pengguna motor matic ini yang katanya jok motornya sering kebuka kaya saya sendiri hehe.. Padahal sebelumnya juga sudah ke bengkel untuk diperbaiki akan tetapi masih saja sering kebuka dan ketutup sendiri yah capek dech. Baiklah kita lets go... Pertama – tama kita perlu siapkan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti obeng panjang, obeng plus juga obeng minus yang penting panjang ya hehe.. Atau kalau ada tungkai obengnya yang bentuknya segi 4 maupun 6 ya biar lebih mudah untuk mengerjakannya.. Akan tetapi kalau memang hanya ada yang bulat ya gak papa tenang saja... Mari kita mulai bro... Pertama kita buka joknya dulu lalu lihat kunci pengait joknya yang di motor itu, Lihat besi penahan kunci pengait lalu masu

Cara Merawat Aki ( Accu)

Aki motor merupakan bagian terpenting didalam kendaraan yang berfungsi menghidupkan mesin dengan tersedianya arus listrik yang terkandung didalamnya juga untuk menyalakan lampu penerangan, klakson, dan audio vidio. Selain itu aki berguna untuk menstabilkan tegangan kendaraan dan membantu altenator untuk memenuhi kebutuhan arus jika dalam keadaan tidak stabil. Aki terdiri dari beberapa jenis yaitu aki kering, aki basah, aki hybrid, aki mf.Langsung saja cara perawatannya adalah sebagai berikut. 1. Aki basah Mungkin sobat sudah tau dengan jenis aki ini karena memang didalamnya terdapat air sehingga dinamakan aki basah.Cek kondisi air didalam aki dan isi jiga berkurang sampai batas upper level dan lower level dengan air aki biasa H2O.Dan jika mengganti atau menguras air aki diganti dengan accu zuur H2SO4.Karena air aki berfungsi untuk mendinginkan dan juga melarutkan kerak didalamnya saat setelah pengisian. 2. Aki kering Aki ini tidak perlu perawatan karena penguapan air dan pen

Mobil mogok cara mengatasinya?

Mobil kita mogok gak mau distarter kenapa bisa dan bagaimana solusinya, banyak hal yang menyebabkan mobil kita mogok yang tidak bisa distarter yang tentunya menyusahkan kita apalagi jika terjadi dijalan yang jauh dari bengkel. Sebab mobil kita mogok yaitu sistem starter mobil tidak berfungsi sehingga tidak dapat menjalankan mesin mobil. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi kelistrikan mesin juga alat tambahan yang menjadi bagian pengamanan mobil tentu sangat menggangu dan berikut beberapa caranya semoga bermanfaat bagi anda. Mobil mogok cara mengatasinya? 1. Kemungkinan aki eror atau sitem charging pengisian aki tidak bekerja dengan baik sehingga setelah dipakai untuk jalan lalu parkir agak lama dan sewaktu mau distarte mobil tidak nyala.Perbaikannya untuk masalah ini adalah dengan cara menjumper aki dengan alat jumper atau menganti aki atau mendorong mobil tersebut. 2. Mobil mogok karena disebabkan starter yang rusak motor starter rusak bisa disebabkan karena karbon brush