Bagi yang punya mobil pasti ingin tahu gimana caranya servis sendiri agar tak perlu kebengkel apalagi mobil dalam kondisi second atau dibilang bekas sudah pasti ada aja masalah yang bikin mobil rewel terus, mesti bolak balik kebengkel buat benerin, apalagi tempatnya jauh dari rumah dan biayanya juga mahal.Memang mobil itu butuh perawatan secara rutin jika tidak maka mesin put kadang - kadang jadi ngadat.Salah satu bagian yang bisa diservis yaitu radiator mobil, yang perlu dicek kondisi isi airnya masih penuh apa tidak karena jika kekurangan air maka mesin akan menjadi cepat panas dan pastinya udara didalam jadi gak enak banget karena saking panasnya bisa bikin kita gerah.Maka perlunya kita mengisi ulang dengan air yang baru dan bersih.
Dan itung - itung irit lah kan bisa dibayangin aja kita mau servis cek ini itu aja udah bayar mahal padahal cuma ngecek doang kadang butuh biaya 50 ribu bakan sampai ratusan, nah biyar kita tidak ngeluari duit banyak dan itung - itung buat tabungan atau buat jajan kita kan, maka kali ini saya akan berbagi tips nya bagaimana caranya agar mobil tua kita tetap awet dengan cara kita sendiri tanpa perlu kebengkel.
1. Radiator
Kuras air didalam radiator sampai benar habis yang dilakukan secara rutin karena biasanya setelah mobil dipaki air akan kotor dan berubah warna.Ini bisa membuat pendinginan kurang maksimal apalagi jika bercampur dengan kotoran didalamnya.
Pelan - pelan kita buka tutup radiator mobil itu dan pastikan dalam kondisi dingin karena biasanya air didalam mendidih kalau kita tidak hati - hati bahaya jadinya.Dalam posisi dingin itu setelah dibuka akat cek tutup atau saluran pembuangan bagian bawah jika sudah ketemu buka dan biarkan air didalam terbuang sampai habis dan juga sisa - sisa kotoran tersebut.
Kemudian isi dengan air bersih dibagian atasnya tunggu sampai habis terkuras lagi dan jika dirasa sudah bersih tutup kembali penutup radiator tersebut isikan air sampai penuh dan pasangkan kembali.Jangan lupa untuk tiap sambungan sebaiknya dikasih red silicon.
2. Ganti Oli
Ganti oli mesin mobil wajib dilakukan setelah mobil menempuh jarak sekitar 5000 km untuk mobil baru sedangkan untuk mobil bekas 3000 km sebaiknya sudah harus diganti karena biasanya oli sudah hitam dan perlunya mengganti dengan yang baru.Pertama siapkan tempat oli kemudian buka tutup bawah oli dan bagian atas oli setelah itu tunggu oli sampai benar - benar habis kemudian tutup kembali dan isikan oli dengan yang baru cek apa oli kurang atau cukup dengan cara melihat alat cek oli yang seperti lidi, kemudian tutup kembali sementara sisa oli jangan dibuang disembarang tempat karena itu merupakan libah sebaiknya dibuang ke bengkel tertentu dan minta ijin biasanya oli bekas dibengkel ditampung dalam wadah dan kemudian dibeli dari salah satu agen yang membeli oli bekas.
3.Tune Up
Mesin yang ngadat atau sering mati dan kadang saat dihidupkan pincang itu butuh untuk di tune up, buka busi cek kondisinya dan bersihkan dengan menggunakan amplas halus sampai bersih.Tetapi jika mau ganti dengan yang baru bawalah busi sebagai contoh sebab spesifikasi harus sama meskipun semua busi terlihat sama tapi mereka berbeda dan harus benar teliti.
Lalu buka saringan atau fiter udara cek kondisinya masih baik apa tidak dan jika kotor sebaiknya di semprot dengan pompa jika kita hanya punya alat sederhana semprotkan dari dalam agar kotoran terpental keluar, jika sudah bersih pasang kembali.
Hidupkan mesin dan cek rpm standar mobil 800 rpm sampai 1000 rpm.Caranya dengan memutar bagian karburasi dengan obeng dan untuk hal ini kita perlu belajar dengan montir,
Dan masih banyak lagi servis lainnya yang akan kita bahas diartikel selanjutnya untuk pemula lakukan bagian yang sederhana dulu seperti diatas tadi sampai benar - benar terampil dan tunggu sesi selanjutnya, dengan sering berlatih maka kita pasti jadi bisa lebih mandiri.
Dan itung - itung irit lah kan bisa dibayangin aja kita mau servis cek ini itu aja udah bayar mahal padahal cuma ngecek doang kadang butuh biaya 50 ribu bakan sampai ratusan, nah biyar kita tidak ngeluari duit banyak dan itung - itung buat tabungan atau buat jajan kita kan, maka kali ini saya akan berbagi tips nya bagaimana caranya agar mobil tua kita tetap awet dengan cara kita sendiri tanpa perlu kebengkel.
1. Radiator
Kuras air didalam radiator sampai benar habis yang dilakukan secara rutin karena biasanya setelah mobil dipaki air akan kotor dan berubah warna.Ini bisa membuat pendinginan kurang maksimal apalagi jika bercampur dengan kotoran didalamnya.
Pelan - pelan kita buka tutup radiator mobil itu dan pastikan dalam kondisi dingin karena biasanya air didalam mendidih kalau kita tidak hati - hati bahaya jadinya.Dalam posisi dingin itu setelah dibuka akat cek tutup atau saluran pembuangan bagian bawah jika sudah ketemu buka dan biarkan air didalam terbuang sampai habis dan juga sisa - sisa kotoran tersebut.
Kemudian isi dengan air bersih dibagian atasnya tunggu sampai habis terkuras lagi dan jika dirasa sudah bersih tutup kembali penutup radiator tersebut isikan air sampai penuh dan pasangkan kembali.Jangan lupa untuk tiap sambungan sebaiknya dikasih red silicon.
2. Ganti Oli
Ganti oli mesin mobil wajib dilakukan setelah mobil menempuh jarak sekitar 5000 km untuk mobil baru sedangkan untuk mobil bekas 3000 km sebaiknya sudah harus diganti karena biasanya oli sudah hitam dan perlunya mengganti dengan yang baru.Pertama siapkan tempat oli kemudian buka tutup bawah oli dan bagian atas oli setelah itu tunggu oli sampai benar - benar habis kemudian tutup kembali dan isikan oli dengan yang baru cek apa oli kurang atau cukup dengan cara melihat alat cek oli yang seperti lidi, kemudian tutup kembali sementara sisa oli jangan dibuang disembarang tempat karena itu merupakan libah sebaiknya dibuang ke bengkel tertentu dan minta ijin biasanya oli bekas dibengkel ditampung dalam wadah dan kemudian dibeli dari salah satu agen yang membeli oli bekas.
3.Tune Up
Mesin yang ngadat atau sering mati dan kadang saat dihidupkan pincang itu butuh untuk di tune up, buka busi cek kondisinya dan bersihkan dengan menggunakan amplas halus sampai bersih.Tetapi jika mau ganti dengan yang baru bawalah busi sebagai contoh sebab spesifikasi harus sama meskipun semua busi terlihat sama tapi mereka berbeda dan harus benar teliti.
Lalu buka saringan atau fiter udara cek kondisinya masih baik apa tidak dan jika kotor sebaiknya di semprot dengan pompa jika kita hanya punya alat sederhana semprotkan dari dalam agar kotoran terpental keluar, jika sudah bersih pasang kembali.
Hidupkan mesin dan cek rpm standar mobil 800 rpm sampai 1000 rpm.Caranya dengan memutar bagian karburasi dengan obeng dan untuk hal ini kita perlu belajar dengan montir,
Dan masih banyak lagi servis lainnya yang akan kita bahas diartikel selanjutnya untuk pemula lakukan bagian yang sederhana dulu seperti diatas tadi sampai benar - benar terampil dan tunggu sesi selanjutnya, dengan sering berlatih maka kita pasti jadi bisa lebih mandiri.
Comments
Post a Comment