Skip to main content

bagian - bagian pada motor yang mudah berkarat atau karatan

gaul
Body motor yang mudah berkarat
Halo teman - taman semua apakabar nich para pecinta motor mania moga kabar baik ya,,,...Apalagi musim yang kurang berteman ini kadang hujan membuat masuk angin selain itu motor juga menjadi mudah berkarat dan bagian – bagian yang mudah berkarat umumnya bahan yang terbuat dari besi jika kita biarkan maka lama kelamaan akan terlihat berubah kecoklatan akibat dari karat tersebut.Lalu bagaimana mengatasinya agar tidak berkarat nich ada sedikit tips.Memang karena karat membuat motor terlihat jelek dan juga menjadi rapuh akibat besi berkeropos.Maka jika sewaktu bepergian kita kehujanan diwajibkan segera mencucinya dan dilap sampai kering agar tidak berakibat pada karat walaupun hanya bintik – bitik air kecil akan mengkarat.Dan bagian yang harus dilindungi pada bagian motor tersebut diantaranya.
1.Rangka
Ini adalah bagian yang menyangga body motor dan rawan karat terutama pada bagian sambungan dan bagian terdalam yang sulit dijangkau ketika kita mencuci motor tersebut.Jika berkarat maka sebaiknya segera diamplas atau ambril hingga bersih dari karat kemudian lakukan pengecatan ulang dibagian besi yang sudah diamplas tadi agar besi tidak langsung kena udara yang berakibat karatan.
2.Kenalpot
Kenalpot ini biasanya mudah berkarat karena terletak dibawah dan sering terkena percikan dari air diroda saat kehujana, jika bahan galvanis umumnya mudah berkarat dibandingkan dengan yang model stainlis.
3.Rantai motor
Rantai yang kurang pelumas akan mudah berkarat dan menjadi berisik saat dikendarai terkadang tarikan menjadi berat dan jika dipaksakan bisa berakibat pada putusnya rantai itu sendiri.
4.Monosok
Pada dudukan monosok ini juga rawan karat didalam bagian dalam rawan terkena karat dan menjadikan suara yang tidak enak didengar ketika terjadi pantulan dari monosok itu ketika dikendarai.
5.Swingarm
Bagian ini juga mudah berkarat karena posisi didalam jadi sering kena kotoran dan akibatnya handling motor tidak setabil.
6.Standart
Jangan dibilang standart aman jika dibiarkan tanpa dibersihkan maka akan berkarat dan keropos maka bisa berakaibat pada patahnya standart tersebut.
7.Ruji dan velg
Ini adalah bagian yang terbawah dari kendaraan dan sering terkena air dan kotoran jika tidak di bersihkan maka akan berkarat dan jika sudah berkarat bisa berakibat pada patahnya ruji – ruji dan pecahny velg.
Nah sekarang sudah tahu kan itulah bagian yang mudah berkarat dan perlu sering dibersihkan agar besi menjadi kuat dan motor awet juga terlihat baru.Jika kondisi ini selalu dijaga makan tak heran jika mampu bertahun – tahun tanpa mengganti bagian yang mudah berkarat tapi selain bagian yang bergerak seperti rantai dan lain – lainnya.Karena bisa menjadi mengikis atau tipis walaupun tidak berkarat namun tampilan kan tetap keren dan terlihat oke jadi bisa dipajang tanpa malu – malu karena karat.Semoga bermanfaat buat teman – teman.

Comments

Popular posts from this blog

Jok Sepeda Motor Sering Lepas Seperti Vario 125

Nich pengalaman ane dengan motor vario 125 yang sering joknya kebuka sendiri saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Disini saya akan memberi tips yang sangat mudah, tanpa mengganti bagian atau part tersebut. Banyak keluhan dari para pengguna motor matic ini yang katanya jok motornya sering kebuka kaya saya sendiri hehe.. Padahal sebelumnya juga sudah ke bengkel untuk diperbaiki akan tetapi masih saja sering kebuka dan ketutup sendiri yah capek dech. Baiklah kita lets go... Pertama – tama kita perlu siapkan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti obeng panjang, obeng plus juga obeng minus yang penting panjang ya hehe.. Atau kalau ada tungkai obengnya yang bentuknya segi 4 maupun 6 ya biar lebih mudah untuk mengerjakannya.. Akan tetapi kalau memang hanya ada yang bulat ya gak papa tenang saja... Mari kita mulai bro... Pertama kita buka joknya dulu lalu lihat kunci pengait joknya yang di motor itu, Lihat besi penahan kunci pengait lalu masu

Cara Merawat Aki ( Accu)

Aki motor merupakan bagian terpenting didalam kendaraan yang berfungsi menghidupkan mesin dengan tersedianya arus listrik yang terkandung didalamnya juga untuk menyalakan lampu penerangan, klakson, dan audio vidio. Selain itu aki berguna untuk menstabilkan tegangan kendaraan dan membantu altenator untuk memenuhi kebutuhan arus jika dalam keadaan tidak stabil. Aki terdiri dari beberapa jenis yaitu aki kering, aki basah, aki hybrid, aki mf.Langsung saja cara perawatannya adalah sebagai berikut. 1. Aki basah Mungkin sobat sudah tau dengan jenis aki ini karena memang didalamnya terdapat air sehingga dinamakan aki basah.Cek kondisi air didalam aki dan isi jiga berkurang sampai batas upper level dan lower level dengan air aki biasa H2O.Dan jika mengganti atau menguras air aki diganti dengan accu zuur H2SO4.Karena air aki berfungsi untuk mendinginkan dan juga melarutkan kerak didalamnya saat setelah pengisian. 2. Aki kering Aki ini tidak perlu perawatan karena penguapan air dan pen

Mobil mogok cara mengatasinya?

Mobil kita mogok gak mau distarter kenapa bisa dan bagaimana solusinya, banyak hal yang menyebabkan mobil kita mogok yang tidak bisa distarter yang tentunya menyusahkan kita apalagi jika terjadi dijalan yang jauh dari bengkel. Sebab mobil kita mogok yaitu sistem starter mobil tidak berfungsi sehingga tidak dapat menjalankan mesin mobil. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi kelistrikan mesin juga alat tambahan yang menjadi bagian pengamanan mobil tentu sangat menggangu dan berikut beberapa caranya semoga bermanfaat bagi anda. Mobil mogok cara mengatasinya? 1. Kemungkinan aki eror atau sitem charging pengisian aki tidak bekerja dengan baik sehingga setelah dipakai untuk jalan lalu parkir agak lama dan sewaktu mau distarte mobil tidak nyala.Perbaikannya untuk masalah ini adalah dengan cara menjumper aki dengan alat jumper atau menganti aki atau mendorong mobil tersebut. 2. Mobil mogok karena disebabkan starter yang rusak motor starter rusak bisa disebabkan karena karbon brush