Usahakan setiap kali akan
beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor terlebih dahulu mengecek kondisi
rantai.Karena rantai merupakan bagian terpenting dari kendaraan yang berfungsi
menyalurkan putaran mesin ke roda sepeda motor dengan putaran yang sangat
tinggi dan kecepatan yang tinggi pula dan biasanya menjadi panas berlebih
akibat dari gesekan antara rantai dan gigi – gigi maka perlunya memberi
pelumasan pada rantai yang sudah berkarat atau kering agar mengurangi gesekan
dan panas akibet gesekan tersebut.Cek juga apakah masih baik atau tidak, selain
melakukan pelumasan rantai secara rutin dengan oli untuk mencegah hal tesebut
fungsi lain dari oli yaitu untuk mengendarai keausan pada rantai akibat dari
kecepatan tinggi yang dihasilkan dari putaran rantai,karena hal ini juga bisa
berakibat fatal karena bisa saja rantai menjadi putus maka untuk meghindari terjadiny hal - hal tersebut kita harus sering
mengeceknya.
Selain itu kita perlu melakukan
penyetelan pada ratai tersebut,adapun caranya sebagai berikut :
1. Kendorkan baut pengikat as pada sisi
sebelah kanan dan kiri roda tersebut dengan mengunakan kunci sesuai ukuran baut
tersebut ada yang memakai kunci pas ukuran 17mm dan 19 mm untuk YAMAHA dan
HONDA tetapi ada yang lain sesui merek kendaraan tersebut.
2.Lakukan pemutar pada roda lalu cari
posisi rantai yang paling kencang dan diposisi itu setel ukuran kekencangkan
pada rantai dengan memutar baut penyetel ratai disisi samping kanan dan
kiri biasanya terdapat disebelah belakang yang terhubung langsung dengan as
adapun untuk ukuran kunci pasnya yaitu10 mm - 12 mm penyetelan dilakukan sampai
kelendutan atau kekendoran ratai maksimal atau standar.
3.Setelah itu cek kemiringan dan lakukan
pemutaran roda apakah posisi roda ban belakang sudah pas center atau tepat
ditengah - tengah dan tidak oleng agar sewaktu dijalankan juga tidak terjadi
akan tetapi selip jika kondisi sepeda masih baru penempatan posisi as cukup
mengecek posisi titik disebelah kiri dan kanan rantai kemudian samakan.Atau
yang berupa garis – garis jarak posisi ketepatan as.
4.Terakhir jika semua sudah pas kemudian
kencangkan kembali baut as sampai maksimal dan lakukan pemutaran ulang pada
roda untuk mengecek apakah putaran
stabil yang menadakan setelan tersebut sudah tepat.
SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT
Comments
Post a Comment