Skip to main content

Merawat dan Menyetel Rantai Sepeda Motor

   
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhg9vsPI5YxPtXNEMybEoQXSgpwgS8bYu0ngfex8Ww369R_IWqZw_NuGCBZTk9mZM0YgRxOeDKnfMo2jPSiIbdMmYTpMqysnNbA-pwnwvswjm0lr8u5tMVt234eVyudRpi8pF2Vw7k4zSo/s320/DSC00013.JPG
  Usahakan setiap kali akan beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor terlebih dahulu mengecek kondisi rantai.Karena rantai merupakan bagian terpenting dari kendaraan yang berfungsi menyalurkan putaran mesin ke roda sepeda motor dengan putaran yang sangat tinggi dan kecepatan yang tinggi pula dan biasanya menjadi panas berlebih akibat dari gesekan antara rantai dan gigi – gigi maka perlunya memberi pelumasan pada rantai yang sudah berkarat atau kering agar mengurangi gesekan dan panas akibet gesekan tersebut.Cek juga apakah masih baik atau tidak, selain melakukan pelumasan rantai secara rutin dengan oli untuk mencegah hal tesebut fungsi lain dari oli yaitu untuk mengendarai keausan pada rantai akibat dari kecepatan tinggi yang dihasilkan dari putaran rantai,karena hal ini juga bisa berakibat fatal karena bisa saja rantai menjadi putus maka untuk meghindari  terjadiny hal - hal tersebut kita harus sering mengeceknya.

 Selain itu kita perlu melakukan penyetelan pada ratai tersebut,adapun caranya sebagai berikut :

1. Kendorkan baut pengikat as pada sisi sebelah kanan dan kiri roda tersebut dengan mengunakan kunci sesuai ukuran baut tersebut ada yang memakai kunci pas ukuran 17mm dan 19 mm untuk YAMAHA dan HONDA tetapi ada yang lain sesui merek kendaraan tersebut.
2.Lakukan pemutar pada roda lalu cari posisi rantai yang paling kencang dan diposisi itu setel ukuran kekencangkan pada rantai dengan memutar baut penyetel ratai disisi samping kanan dan kiri biasanya terdapat disebelah belakang yang terhubung langsung dengan as adapun untuk ukuran kunci pasnya yaitu10 mm - 12 mm penyetelan dilakukan sampai kelendutan atau kekendoran ratai maksimal atau standar.
3.Setelah itu cek kemiringan dan lakukan pemutaran roda apakah posisi roda ban belakang sudah pas center atau tepat ditengah - tengah dan tidak oleng agar sewaktu dijalankan juga tidak terjadi akan tetapi selip jika kondisi sepeda masih baru penempatan posisi as cukup mengecek posisi titik disebelah kiri dan kanan rantai kemudian samakan.Atau yang berupa garis – garis jarak posisi ketepatan as.
4.Terakhir jika semua sudah pas kemudian kencangkan kembali baut as sampai maksimal dan lakukan pemutaran ulang pada roda untuk mengecek apakah  putaran stabil yang menadakan setelan tersebut sudah tepat.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT


Comments

Popular posts from this blog

Jok Sepeda Motor Sering Lepas Seperti Vario 125

Nich pengalaman ane dengan motor vario 125 yang sering joknya kebuka sendiri saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Disini saya akan memberi tips yang sangat mudah, tanpa mengganti bagian atau part tersebut. Banyak keluhan dari para pengguna motor matic ini yang katanya jok motornya sering kebuka kaya saya sendiri hehe.. Padahal sebelumnya juga sudah ke bengkel untuk diperbaiki akan tetapi masih saja sering kebuka dan ketutup sendiri yah capek dech. Baiklah kita lets go... Pertama – tama kita perlu siapkan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti obeng panjang, obeng plus juga obeng minus yang penting panjang ya hehe.. Atau kalau ada tungkai obengnya yang bentuknya segi 4 maupun 6 ya biar lebih mudah untuk mengerjakannya.. Akan tetapi kalau memang hanya ada yang bulat ya gak papa tenang saja... Mari kita mulai bro... Pertama kita buka joknya dulu lalu lihat kunci pengait joknya yang di motor itu, Lihat besi penahan kunci pengait lalu masu

Cara Merawat Aki ( Accu)

Aki motor merupakan bagian terpenting didalam kendaraan yang berfungsi menghidupkan mesin dengan tersedianya arus listrik yang terkandung didalamnya juga untuk menyalakan lampu penerangan, klakson, dan audio vidio. Selain itu aki berguna untuk menstabilkan tegangan kendaraan dan membantu altenator untuk memenuhi kebutuhan arus jika dalam keadaan tidak stabil. Aki terdiri dari beberapa jenis yaitu aki kering, aki basah, aki hybrid, aki mf.Langsung saja cara perawatannya adalah sebagai berikut. 1. Aki basah Mungkin sobat sudah tau dengan jenis aki ini karena memang didalamnya terdapat air sehingga dinamakan aki basah.Cek kondisi air didalam aki dan isi jiga berkurang sampai batas upper level dan lower level dengan air aki biasa H2O.Dan jika mengganti atau menguras air aki diganti dengan accu zuur H2SO4.Karena air aki berfungsi untuk mendinginkan dan juga melarutkan kerak didalamnya saat setelah pengisian. 2. Aki kering Aki ini tidak perlu perawatan karena penguapan air dan pen

Mobil mogok cara mengatasinya?

Mobil kita mogok gak mau distarter kenapa bisa dan bagaimana solusinya, banyak hal yang menyebabkan mobil kita mogok yang tidak bisa distarter yang tentunya menyusahkan kita apalagi jika terjadi dijalan yang jauh dari bengkel. Sebab mobil kita mogok yaitu sistem starter mobil tidak berfungsi sehingga tidak dapat menjalankan mesin mobil. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi kelistrikan mesin juga alat tambahan yang menjadi bagian pengamanan mobil tentu sangat menggangu dan berikut beberapa caranya semoga bermanfaat bagi anda. Mobil mogok cara mengatasinya? 1. Kemungkinan aki eror atau sitem charging pengisian aki tidak bekerja dengan baik sehingga setelah dipakai untuk jalan lalu parkir agak lama dan sewaktu mau distarte mobil tidak nyala.Perbaikannya untuk masalah ini adalah dengan cara menjumper aki dengan alat jumper atau menganti aki atau mendorong mobil tersebut. 2. Mobil mogok karena disebabkan starter yang rusak motor starter rusak bisa disebabkan karena karbon brush